Sabtu, 28 Juli 2012

Pesilat Mancanegara Ikuti Pawai Silat Tradisi Yogyakarta


Yogyakarta,zamrudtv-- Sekitar 2.000 pesilat dari berbagai aliran akan mengikuti Pawai Silat Tradisi, Minggu (27/5/2012) di Yogyakarta. Pawai yang akan menyusuri Jalan Malioboro dimulai dari Jalan Abubakar Ali dan berkahir di Alun-alun Utara ini, diselenggarakan Paseduluran Angkringan Silat (PAS) Yogyakarta.

Koordinator Paseduluran Angkringan Silat (PAS) Yogyakarta Ludiyarto Bimasesna Wibowo Jumat (25/5) menyebutkan, pawai silat tradisi ini diikuti 30 perguruan silat dari berbagai wilayah. Di samping Yogyakarta, juga hadir pesilat dari Jawa Timur, Madura, Jawa Barat, Spanyol, Italia, dan Thailand.

Tujuan pawai silat tradisi ini adalah untuk memperingati hari Kebangkitan Nasional dan juga untuk memperingati hari ulang tahun ke-64 Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Pawai ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda bahwa silat adalah wirisan budaya yang adiluhung. Silat merupakan local genius yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

PAS Yogyakarta sebagai pemrakarsa pawai ini merupakan wadah yang khusus berkonsentrasi mengurusi bidang pembinaan seni budaya dan kerohanian. Kelahirannya dinaungi oleh Surat Keputusan IPSI Kota Yogyakarta. PAS Yogyakarta kini memiliki 40 perguruan silat yang berada di wilayah Yogyakarta, bahkan ada anggotanya yang berasal dari luar negeri. (tim/zamrudtv.com)